,
Kamis, 14 Februari 2013 - 08:11:24 WIB
KPU INGIN MINIMALISIR SENGKETA PEMILU KE MK
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 198 kali

Kamis, 14 Februari 2013

Jakarta, kpu.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) sangat mengharapkan agar sengketa pemilu, baik pemilu legislatif (pileg), pemilu presiden (pilpres), maupun pemilu kepala daerah (pemilukada), jumlahnya dapat menurun dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya.

“Saat ini, KPU sudah memasuki tahapan pemilu 2014, sembari kita melaksanakan 152 pemilukada. Kalau semuanya masuk ke MK, kan akan membuat kelabakan. Walaupun demikian, kami sangat punya kepentingan agar sesedikit mungkin yang masuk ke MK. Kalau kemarin angkanya 11 persen di pileg, kami menargetkan pada Pemilu 2014 bisa menurun, sehingga kita bisa menyatakan, kerja KPU itu sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku," tutur Ketua KPU, Husni Kamil Manik, dalam jumpa pers sesaat setelah pertemuan dengan Ketua MK, Mahfud MD, dan para hakim MK, di Gedung MK, Jakarta, Rabu (13/2).

Selain itu, sambung Husni, dalam pertemuan tersebut, KPU juga mendapat masukan agar lebih mempersipkan diri dalam menghadapi sidang sengketa pemilu di MK.

“KPU juga menerima masukan agar lebih siap dalam persidangan-persidangan di MK. Karena kalau administrasinya tidak tertib, itu menyulitkan hakim di MK, dan pada gilirannya bisa mengakibatkan putusannya menjadi bias dan merugikan pihak-pihak yang mencari keadilan di sini,” Husni membeberkan.

Sementara itu, juru bicara MK, Akil Mochtar, mengatakan, digelarnya pertemuan antara KPU dengan MK dimaksudkan untuk membahas kesiapan masing-masing lembaga untuk mengantisipasi hal-hal yang berkaitan dengan pemilu, baik itu pileg, pemilukada, maupun pilpres. Sehingga, akan didapatkan kesamaan persepsi dari kedua lembaga tersebut terkait proses pemilu dan hasilnya nanti.

“Pertemuan ini untuk penyamaan beberapa hal terkait proses pemilu dan hasil pemilu nanti. Sebagaimana kita tahu, penyelesaian sengketa hasil pemilu akan dilakukan di MK. Karena itu, sebelum sampai ke sana, beberapa hal penting harus dibicarakan antara KPU dan MK. Tidak berkaitan dengan soal-soal yang dipersengketekan, tetapi lebih kepada kesiapan masing-masing lembaga untuk mengantisipasi hal-hal yang berkaitan dengan pemilu. Apakah itu pileg, pilkada, maupun pilpres,” urai Akil.

Dalam pertemuan tertutup selama satu jam itu, Husni didampingi oleh anggota KPU, Arief Budiman, Hadar Nafis Gumay, Ida Budhiati, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Juri Ardiantoro, dan Sekjen KPU, Arif Rahman Hakim. Sedangkan di pihak MK, hadir Ketua MK, Mahfud MD, Sekjen MK, Janedjri M. Gaffar, Akil Mochtar, Hamdan Zoelva, Achmad Sodiki, dan Muhammad Alim. (dd/red. FOTO KPU/ie’am/hupmas) 




11 Komentar :

Oli Mesin
14 Februari 2013 - 08:48:15 WIB

Berita yang Jos gandos... banyak manfaat, banyak ilmu,.. kami tunggu berita yang lebih menarik lainnya.
Patio Blinds Perth
20 Februari 2013 - 17:30:12 WIB

We are specialists in http://bjfk.in/8 patio blinds Perth.
Suzuki Ertiga Indonesia
22 Februari 2013 - 09:12:18 WIB


info yang sangat siiiiiippp. bisa buat nambah ilmu yang bermanfaat.


Daihatsu Ayla Indonesia
14 Maret 2013 - 08:28:10 WIB

Postingan yang membawa manfaat..
Ertiga Double Blower
22 Maret 2013 - 08:15:28 WIB

info yang jos gandos
Honda Brio Indonesia
04 April 2013 - 10:23:33 WIB

Sukses selalu.. kami menunggu postingan selanjutnya!!
Pengobatan Luka Bakar
29 April 2013 - 13:45:35 WIB

Sukses untuk KPU
All Destin Homes For Sale
08 Mei 2013 - 05:35:38 WIB

Selamat pagi pak admin. Selepas hujan semalaman, pagi2 emang enaknya minum kopi sambil membaca berbagai artikel menarik pada situs anda. Saya termasuk salah satu pengunjung yang cukup sering datang kemari. Jangan pernah bosan untuk berbagi cerita ya....
Jobs For Models
09 Mei 2013 - 09:39:24 WIB

Karena saya tertarik dengan tulisan anda, maka saya ingin sekali menulis sepatah-dua patah kata di ruang komentar ini. Memberi informasi dan pengetahuan baru buat saya, Mungkin saya baru berkunjung kesini, namun kapan-kapan saya pasti mampir lagi, dan mudah-mudahan selalu update dan memuat artikel yang bermutu.
Berita Otomotif Motor
13 Mei 2013 - 08:11:10 WIB

Terimakasih atas infonya, bagus dan bermanfaat sekali.
<< First | < Prev | 1 | 2 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)